12 Kelebihan dan Kekurangan UNIX yang Perlu Diketahui

Apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan UNIX? Sebelum memberikan jawaban tentang pertanyaan tersebut. Anda harus mengetahui informasi terlebih dahulu mengenai pengertian dari UNIX itu sendiri. UNIX merupakan salah satu dari sistem operasi yang banyak digunakan. Kita tahu bahwa sistem operasi memiliki kendali pada komputer.

Sistem operasi berguna untuk mengatur dan mengontrol semua kinerja yang ada pada hardware maupun aplikasi yang terinstal di komputer tersebut. Di Indonesia mungkin masih sedikit orang yang menggunakan UNIX. Mereka mungkin lebih familiar dengan Linux. Padahal proses pembuatan Linux mengadopsi UNIX.

Pengertian UNIX

Kelebihan dan Kekurangan UNIX Lengkap

UNIX adalah sistem operasi yang pertma kali diperkenalkan pada 1965. Sistem operasi yang satu ini diperkenalkan melalui sebuah projek yang bernama Multics atauMultiplexed Information and Computing Service. Kehadiran UNIX diharapkan mampu menjadi sebuah sistem operasi yang multitasking, multiuser, dan portable. Projek pengembangan UNIX sepenuhnya mendapatkan dukungan dari DARPA atau Departemen Pertahanan Amerika.

Banyak para pengguna yang menginginkan agar supaya UNIX menjadi sebuah sistem operasi untuk komputer workstation maupun server. Alasannya karena mengacu pada ciri khas UNIX yang portable, multitasking, dan juga multiuser. Kehadiran UNIX memang pada waktu itu telah memberikan angin segar dimana sistem operasi yang satu ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan para pengguna yang memang sedari awal menantikan sistem operasi yang portable, bisa digunakan untuk banyak pengguna, serta bisa menjalankan banyak perintah secara bersamaan.

Sejarah Singkat Tentang UNIX

Tahukah Anda mengenai sejarah dibalik hadirnya sistem operasi UNIX hingga bisa menjadi sistem operasi seperti sekarang? Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa awal mula kemunculan UNIX dimulai dari sebuah projek yang bernama MULTICS. Akan tetapi, pada waktu itu projek penggarapan UNIX dianggap terlambat di tahun 1969 sehingga kemudian terpaksa diberhentikan. Alasannya karena projek tersebut sudah melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

Meskipun begitu, di tahun yang sama dua orang yang menjadi peneliti MULTICS yakni Ken Thompson serta Dennis Ritchie masih berusaha untuk tetap melanjutkan projek tersebut sehingga kemudian projeknya berganti nama menjadi UNIX. Hingga di tahun 1973, Dennis Ritchie kemudian menulis ulang bahasa C pada UNIX. Perlu Anda ketahui bahwa bahasa C adalah sebuah bahasa pemograman yang bahkan sampai sekarang pun masih tetap digunakan.

Pada tahun berikutnya, UNIX selalu mengalami peningkatan seperti dengan penambahan berbagai macam fitur yang membuat sistem operasi ini semakin canggih dan banyak dibutuhkan. Pada akhirnya, hadirlah UNIX versi komersial yang bernama UNIX System V.

Kelebihan UNIX

Kelebihan dan Kekurangan UNIX

Perlu Anda tahu bahwa setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tak terkecuali dengan UNIX yang juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang menjadi hal yang dibanggakan dari sistem operasi ini.

  • Portabilitas: UNIX merupakan sistem operasi yang dapat dengan mudah diadaptasikan ke komputer maupun laptop.
  • Multiuser: merupakan sistem operasi yang bisa digunakan oleh banyak user dalam waktu yang bersamaan.
  • Multitasking: UNIX adalah sistem operasi yang mampu digunakan menjalankan banyak perintah dalam waktu yang bersamaan.
  • Memiliki suatu pengorganisasian informasi dengan sangat baik. Jadi, pengguna bisa dengan mudah mengingat maupun mengakses informasi tersebut.
  • UNIX adalah sistem operasi yang terkenal stabil untuk keperluan basis data atau database, internet, server, internet-client, file-server, dan juga untuk keperluan pengembangan java.
  • UNIX memiliki kinerja yang lebih baik jika dibandingkan dengan Windows NT.
  • UNIX termasuk sistem operasi yang hampir semuanya bisa didapatkan secara gratis.

Kekurangan UNIX

Lalu bagaimana dengan kekurangannya? Berikut ini kami memiliki informasi penting yang berkaitan dengan kekurangan sistem operasi UNIX yang juga harus Anda ketahui.

  • UNIX memiliki tampilan yang kurang menarik sehingga tidak jarang pengguna atau user merasa bosan dengan tampilan yang ada.
  • Pengguna UNIX harus memastikan bahwa komputer atau laptopnya memiliki memori dengan kapasitas yang besar.
  • UNIX belum dilengkapi dengan game-game yang besar yang bisa dijalankan di sistem operasi ini.
  • Kesulitan dalam menyediakan driver UNIX untuk beberapa jenis perangkat keras.
  • UNIX merupakan sistem operasi yang cenderung sulit digunakan oleh orang awam.

Ciri-Ciri OS UNIX

Kita tahu bahwa setiap sistem operasi pasti memiliki ciri khasnya yang membedakan antara sistem operasi yang satu dengan yang lainnya. Begitu pula dengan UNIX yang mana kehadiran sistem operasi ini menjadi pembeda diantara sistem operasi lainnya. Salah satu ciri yang paling umum adalah UNIX merupakan sistemm operasi yang bisa digunakan dengan mudah ketika hendak diadaptasi ke komputer.

Dengan begitu, para pengguna tidak sampai mengalami kesulitan ketika menginstal atau memasang sistem operasi ini di komputer mereka. Selain itu, UNIX juga merupakan OS yang bersifat multitasking sehingga mampu menjalankann berbagai macam perintah secara sekaligus. Namun, tentu hal ini membutuhkan kapasitas memori yang besar agar supaya UNIX mampu menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Ciri lainnya yang dimiliki oleh UNIX yakni sistem operasi ini bersifat utilitas. Artinya, UNIX mampu menyesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh pengguna. Jadi, program yang dijalankan menggunakan tidak sampai berlebihan alias melebihi dari kebutuhan yang ada.

Itulah penjelasan dari kami seputar kelebihan dan kekurangan UNIX. Kesimpulannya, UNIX merupakan sistem operasi yang diadposi oleh Linux meskipun memang UNIX sendiri masih belum banyak terkenal, khususnya di Indonesia. Namun sistem operasi ini memiliki banyak kelebihan yang bisa dimanfaatkan dalam mendapatkan pengalaman sistem operasi khususnya untuk penggunaan server yang handal dan stabil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*