8 Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp yang Perlu Kita Ketahui

Apa saja kelebihan dan kekurangan WhatsApp? WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang bisa dikatakan paling populer dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnnya.

Apalagi WhatsApp sudah mengalami berbagai macam perubahan yang membuat aplikasi ini semakin banyak digemari. Jika di awal perkenalannya, WA hanya digunakan untuk mengirim pesan atau telepon. Sekarang Anda sudah bisa berbagi status baik itu berupa teks atau video seperti yang ada pada Instagram.

Selain itu, WhatsApp juga bisa digunakan oleh seluruh tipe sistem operasi. Alasan lain mengapa banyak para pengguna WhatsApp adalah karena aplikasi ini termasuk aplikasi hemat kuota.

Jadi, meskipun Anda gunakan untuk chatting seharian tetap saja paket internet Anda tidak akan cepat habis. Lalu apa sih yang menjadi kelebihan dan kekurangan WhatsApp? Padahal aplikasi ini sekilas tidak ada kekurangannya sama sekali.

Kelebihan WhatsApp

kelebihan dan kekurangan WhatsApp

Di bawah ini kami akan memberikan informasi penting tentang apa saja yang menjadi kelebihan WhatsApp:

1. Kontak yang ada di hp akan otomatis sinkronisasi

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh WhatsApp adalah aplikasi ini akan otomatis melakukan sinkronisasi terhadap kontak Anda. Jadi, ketika Anda selesai menambahkan kontak atau nomor baru dan kemudian ingin menghubungi orang tersebut. Maka Anda tidak perlu menghubungkan atau mensinkronkan antara kontak telepon dengan kontak WhatsApp karena sudah otomatis sinkron.

Tentunya dengan kelebihan seperti ini maka penggunaan WhatsApp menjadi lebih efisien. Anda juga tidak perlu membuang waktu Anda hanya untuk menghubungkan kontak Anda tersebut.

2. Mudah digunakan

Sudah bukan rahasia lagi jika WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang mudah digunakan. Bahkan orang yang baru megang smartphone pun tidak akan kesulitan ketika menggunakan WhatsApp pertama kali. Selain itu, aplikasi ini juga tidak harus membutuhkan registrasi yang rumit yang menyita banyak waktu Anda. Yang Anda perlukan hanyalah memiliki nomor aktif yang akan Anda jadikan sebagai nomor WA Anda.

Selain itu, WhatsApp juga tidak terbatas pada merk smartphone dan sistem operasi. Semua merk hp dan sistem operasi sudah kompatibel dengan salah satu aplikasi chatting terbaik dan paling banyak digunakan di seluruh dunia ini.

3. Kustomisasi yang mudah

Kelebihan WhatsApp yang ketiga adalah memudahkann Anda untuk melakukan kustomisasi. WhatsApp adalah aplikasi open source yang bisa membuat para pengguna mudah ketika hendak melakukan beragam pengaturan sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Anda akan dimanjakan dengan fitur kustomisasi dimana Anda bisa dengan mudah mengubah profil, username, background chat, memblokir nomor, dan lain sebagainya.

4. Hadirnya back up chat

Apakah Anda tahu bahwa WhatsApp menyediakan fitur yang mana Anda tidak akan kehilangan riwayat pesan seseorang? WhatsApp sudah menyediakan fitur yang membuat para pengguna bisa mencadangkan atau mem-back up pesan dari siapapun yang diinginkannya. Artinya, pesan tersebut tidak akan pernah hilang selagi pengguna WhatsApp mem-back upnya.

Jadi, bagi Anda yang tidak ingin kehilangan momen pembahasan atau chatting dengan orang terkasih Anda. Anda bisa mencadangkan riwayat pesannya tersebut untuk kemudian Anda baca kembali suatu saat nanti.

5. Tersedia fitur stories

Seperti informasi yang kami jelaskan bahwa WhatsApp memiliki fitur yang sama dengan Instagram. Fitur tersebut bernama stories yang sebenarnya cara penggunaan dan fungsinya juga sama. Anda bisa berbagai momen maupun menuliskan status Anda, baik berupa tulisan maupun hanya ingin menampilkan video.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menyaring siapa saja orang yang berhak menonton stories Anda tersebut.Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir status Anda akan dilihat oleh orang lain yang tidak Anda inginkan.

Kekurangan WhatsApp

kelebihan dan kekurangan WhatsApp

Wajar jika ada aplikasi yang memiliki kekurangan. Bahkan WhatsApp yang terkenal pun tak luput dari kekurangan yang perlu Anda ketahui juga.

1. Emoticion yang kurang menarik

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh WhatsApp adalah aplikasi ini dinilai menyediakan emoticon yang kurang begitu menarik. Sebenarnya masalah menarik atau tidaknya emoticon merupakan selera masing-masing pengguna. Ada pengguna yang merasa hal tersebut menarik. Ada juga yang merasa tidak menarik. Mereka berpendapat emoticon yang dihadirkan oleh WhatsApp kurang begitu ekspresif.

Akan tetapi, sepertinya pihak WhatsApp merespon hal tersebut dan sekarang telah menghadirkan fitur stiker dan berbagai tambahan emoticon lainnya yang jauh lebih ekspresif. Artinya, untuk kekurangan yang pertama ini sepertinya sudah tidak kita temukan lagi pada WhatsApp. Dengan catatan Anda sudah mengupdate aplikasi ini ke versi terbarunya.

2. Sering minta update

Masalah kedua yang dinilai sebagai kekurangan dari WhatsApp adalah aplikasi ini kerap minta diupdate. Sebenarnya bukan hanya aplikasi WA saja yang minta diupdate. Mayoritas aplikasi di android pun juga harus diupdate. Lalu apa tujuannya? Tujaunnya adalah untuk meningkatkan performa dari aplikasi tersebut serta menghapus file sampah yang bisa menghambat kinerja WhatsApp.

Meskipun begitu, Anda juga harus jeli ketika WhatsApp meminta untuk diupdate. Anda bisa melihat apakah ada fitur terbaru atau hanya sekedar update tanpa memberikan efek apapun. Jika tidak memberikan penambahan apapun, maka Anda tidak perlu memperbarui aplikasi Anda tersebut dan tetap menggunakan versi lama.

3. Volume data yang cukup besar

Kekurangan WhatsApp yang ketiga adalah aplikasi ini menuntut adanya volume data yang cukup besar. Untuk fitur chatting mungkin tidak masalah dan tetap akan menghemat kuota Anda. Namun ketika Anda kerap menonton video atau status WhatsApp yang berupa video. Maka sudah tentu kuota Anda akan terkuras banyak jika Anda tetap melakukannya.

Maka dari itu, pastikan Anda memiliki kontrol penggunaan kuota internet agar tidak sampai menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi yang membuat kuota internet Anda cepat habis.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan WhatsApp yang perlu kita ketahui. Semoga artikel diatas bermanfaat dan mudah dipahami!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*