Apa itu Spam Email? Kenali Pengertian Spam Email dan Contohnya

Pengertian Spam Email

Secara umum definisi dari spam adalah suatu aktifitas mengirimkan pesan elektronik kepada orang lain secara terus – menerus dengan jumlah yang masif dan bahkan tidak dikehendaki oleh pihak penerima.

Aktifitas melakukan spam ini seringkali disebut spamming dan pelakunya disebut dengan spammer. Biasanya spam ini terjadi dalam aktifitas email, SMS atau penggunaan sosmed lain yang memiliki akses perpesanan, spam komentar, permainan dan lain – lain. Namun penulis dalam artikel kali ini lebih memfokuskan pada spam email saja.

Aktifitas email merupakan suatu aktifitas mengirimkan surat atau pesan elektronik dengan format digital. Di era yang modern ini email dapat diakses dengan mudah baik melalui gadget maupun perangkat komputer.

Salah satu bagian dari email serta yang perlu diwaspadai adalah adanya spam email. Spam email adalah email yang tidak diminta namun dikirim secara terus menerus dengan jumlah yang banyak dan ke banyak pengguna juga. Biasanya email spam berbentuk iklan, undian, atau bahkan yang lebih berbahaya berupa informasi palsu, phishing, penipuan dan masih banyak lagi.

Cara Kerja Spam Email

Pengertian Spam Email

Untuk cara kerja dari spam email bisa dibilang cukup sepele, namun jika dibiarkan pasti nya akan mengganggu korban nya karena banyaknya pesan yang masuk diantara pesan asli yang seharusnya kita baca dan bukan tidak mungkin aktifitas spamming juga menjadi modus penipuan.

Spammers atau dalam hal ini adalah pelaku spam biasanya menggunakan mail server orang lain atau setidaknya alamat email yang tidak menunjukkan identitas nya. Alamat email nya memang ada tapi bisa dibilang bukan milik nya sendiri, jadi sebelumnya spammers harus bisa mengambil alih akun email milik orang lain. Hal ini dilakukan tentunya untuk melindungi dirinya sendiri.

Proses mengambil alih email milik orang lain ini memang sangat dimungkinkan, dikarenakan protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protokol) yang digunakan tidak pernah melakukan verifikasi alamat email dengan alamat IP nya. Artinya setiap orang memang bisa mengirim menggunakan email siapapun dan dengan IP manapun pada setiap komputer.

Contoh Spam Email

Gambar diatas adalah contoh bentuk dari spam email. Spam email biasanya menyertakan suatu link dan sebisa mungkin kita harus menghindari link dari alamat yang mencurigakan seperti diatas kecuali kalau memang sebelumnya kita melakukan aktifitas yang memberikan alamat email kita sebagai langkah verifikasi.

Terkadang iklan – iklan dari suatu produk di internet yang dikirim terus – menerus ke alamat kita dianggap spam juga namun tidak memberikan kerugian secara langsung. Namun tanpa disadari semakin lama dibiarkan maka pesan juga akan semakin banyak, dan tentunya menghapus satu persatu juga memakan waktu lama.

Cara Mengatasi Spam Email

Apa itu Spam Email? Pengertian Spam Email Adalah

Untuk mengatasi spam email sebenarnya ada banyak cara dari segi pencegahan dan penyelesaian serta berdasarkan permasalahan dan jenis spam email yang menyerang. Untuk penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi spam email dapat anda simak dibawah ini :

– Yang pertama anda jangan pernah memasang alamat email anda dalam bentuk text pada website. Hal ini dikarenakan lebih memudahkan para spammers untuk mengambil alamat email anda menggunakan software crawler yang sudah disiapkan. Lebih aman jika anda menggunakan script Form Mail (berbentuk script dan biasanya tampilan nya menggunakan logo) yang memang biasanya sudah disediakan di halaman contact us.- Jangan terlalu mudah memberikan alamat email utama anda (email yang dipakai sehari – hari) ke orang atau pihak yang kurang dipercaya. Bahkan ketika mengisi biodata anda sebisa mungkin kurangi kebiasaan mengisi alamat email (kecuali untuk verifikasi). Pihak yang kurang bertanggung jawab bisa saja menjual alamat email orang lain ke perusahaan yang memerlukan nya untuk keperluan promosi.

– Jika memang anda memberikan alamat email ke seseorang yang sudah dipercaya, maka berpesanlah agar tidak memberikan nya ke sembarang orang seperti sales, orang baru dikenal, grup diskusi, social media dan lain – lain.

– Penggunaan nama atau username email juga harus diperhatikan. Sebisa mungkin jangan gunakan username yang terlalu sederhana seperti nama anda sendiri, karena hal itu akan memudahkan spammers mendapatkan alamat email anda. Mereka bisa saja menggunakan program atau aplikasi yang memasukkan kata – kata dan nama umum yang dikombinasikan secara acak untuk menebak alamat email.

– Proteksi kemunculan gambar juga perlu dilakukan. Terkadang para spammers menggunakan pengiriman spam dengan memasukkan gambar juga. Ketika gambar anda buka dan lihat biasanya akan mengirimkan report ke pengirim bahwa email anda memang valid. Hal ini tentunya akan menimbulkan pengiriman spam yang berkelanjutan dan secara terus menerus. Biasanya terdapat setting untuk tidak menampilkan gambar pada email yang masuk, dan ini harus diaktifkan.

– Hindari menjawab email penawaran dalam bentuk apapun, dan jika anda sudah terlanjur membukanya maka segera dihapus serta jangan pernah dibalas karena itu berarti anda sudah berlangganan iklan nya. Jika sudah menerima spam email dari alamat yang sama maka cari tombol unsubscribe sebagai indikasi bahwa anda berhenti berlangganan dan alamat email anda akan dihapus dari database si pengirim spam.

– Sama halnya dengan virus atau gangguan lain, pastikan komputer anda juga sudah terinstall antivirus yang update dan terjamin kualitasnya. Aktifkan juga firewall sebagai perlindungan tambahan. Hal ini dilakukan karena terkadang spam email yang terkirim juga mengandung virus, Trojan, worm, dan gangguan lain yang tentunya sangat membahayakan komputer anda.

Itulah penjelasan tentang pengertian Spam Email beserta cara kerja dan contoh dari Spam Email yang seringkali terjadi di dunia internet. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*