Kenali Komponen Sistem Informasi dan Penjelasannya, Yuk Disimak!

Apa saja yang termasuk ke dalam komponen sistem informasi? Secara umum, sistem informasi terdiri dari dua kata, yaitu sistem dan informasi.

Sistem merupakan suatu kesatuan yang sistematis dan juga terstruktur di dalam menjalankan fungsi agar mencapai tujuan yang diinginkan. Sementara informasi adalah kumpulan data yang sudah diolah serta memiliki kegunaan untuk mencapai tujuan tertentu.

Jadi, sistem informasi adalah suatu sistem yang memuat beragam informasi yang saling berkaitan dan tersusun secara sistematis yang digunakan untuk mengambil keputusan atau untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Komponen Sistem Informasi

Di dalam sistem informasi sendiri terdiri dari berbagai macam komponen seperti di bawah ini:

  • Perangkat keras: berkaitan dengan piranti fisik seperti printer dan juga komputer.
  • Perangkat lunak: berhubungan dengan semua perintah atau instruksi yang membuat perangkat keras bisa memproses data.
  • Prosedur: sekumpulan aturan yang dipakai untuk menjalankan sebuah proses data dan juga untuk menghasilkan output sesuai dengan yang dikehendaki.
  • Orang: semua pihak yang memiliki tanggung jawab di dalam pengembangan sistem, pemrosesan, dan juga penggunaan output informasi.
  • Database: sekumpulan hubungan, tabel, dan lain sebagainya yang saling berkaitan dengan penyimpanan data.
  • Jaringan komputer serta komunikasi data: suatu sistem penghubung yang digunakan untuk mengkoneksikan sumber atau resources yang digunakan dan diakses secara bersama-sama serta diakses oleh beberapa pengguna.

Namun perlu Anda ingat bahwa di dalam prakteknya, tidak seluruh komponen komputer akan dijalankan oleh seluruh sistem informasi.

Misalnya, sebuah sistem informasi pribadi yang di dalamnya hanya melibatkan komputer dan pengguna tidak membutuhkan sebuah jaringan komputer. Namun untuk sistem informasi yang berkaitan dengan grup kerja akan melibatkan banyak pengguna dan banyak komputer dan juga sudah memerlukan jaringan komputer.

1. Perangkat keras (hardware)

Komponen Sistem Informasi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa perangkat keras merupakan piranti yang berbentuk fisik yang dipakai di dalamm memproses informasi. Contohnya adalah komputer dan juga periferalnya, disk magnetic, lembar kertas, flashdisk, atau juga optical disk.

Secara fisik komputer merupakan beragam komponen yang ada di dalam suatu sistem. Ketika salah satu komponen tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Maka kondisi ini bisa berdampak pada kinerja komputer itu sendiri. Kondisi ini malah akan semakin diperparah jika tidak ada penanganan sama sekali atau dibiarkan begitu saja.

2. Perangkat lunak (software)

Di dalam perangkat lunak terdapat 3 kategori. Yaitu sistem operasi (Linux, Windows), bahasa pemograman seperti Pascal, dan juga berbagai macam aplikasi seperti Microsoft Office.

  • Sistem operasi: bagian yang satu ini memiliki banyak fungsi yang mana fungsi utamanya adalah digunakan untuk mengatur seluruh perangkat lunak. Fungsi yang lain dari sistem operasi adalah mengatur semua proses yang dijalankan CPU.
  • Bahasa pemograman: sebuah perangkat lunak untuk membuat dan juga merancang sebuah program dengan metode dari program tersebut.
  • Program aplikasi: software yang sudah dilengkapi dengan fungsi khusus sesuai dengan pertama kali software tersebut dibuat.

3. Manusia

Manusia merupakan bagian yang tak kalah penting di dalam suatu informasi. Di dalam sumber manusia sendiri terdapat pakar sistem dan pemakai sistem yang memiliki kemampuan yang berbeda.

Pemakai merupakan orang yang hanya menggunakan sistem informasi, seperti pelanggan, pelanggan, teknisi, dan lain sebagainya. Sementara untuk pakar sistem adalah seseorang yang memiliki kemampuan di dalam mengoperasikan dan mengembangkan sistem informasi.

4. Database

Komponen Sistem Informasi dan Cara Kerjanya

Database atau basis data merupakan kumpulan informasi yang di dalamnya berisi kumpulan data yang tersusun secara sistematik sehingga nanti bisa diperiksa dengan menggunakan program komputer agar bisa mengakses dan mendapatkan informasi yang berasal dari database tersebut.

Sebuah perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk mengolah data dinamakan sebagai DBMS atau sistem manajemen berbasis data. Secara konsep, basis data berasal dari kumpulan catatan, atau potongan yang berasal dari ilmu pengetahuan. Istilah basis data ini mengacu kepada berbagai koleksi data yang memiliki hubungan atau terkait antara yang satu dengan yang lainnya.

Sementara itu perangkat lunaknya memang harus mengacu sebagai sebuah sistem manajemen berbasis data. Ketika istilahnya sudah jelas seperti ini, maka banyak programmer maupun administrator yang sudah menggunakan kedua istilah tersebut.

4. Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang di dalamnya terdiri dari berbagai macam perangkat komputer yang diciptakan agar supaya bisa berbagi, berkomunikasi, serta mengakses informasi yang berasal dari berbagai komputer yang saling berhubungan tersebut.

Adapun manfaat dari adanya jaringan komputer adalah sebagai berikut:

  • Digunakan sebagai pertukaran data atau berbagi sumber daya
  • Digunakan untuk mempermudah di dalam berkomunikasi dan berinteraksi
  • Digunakan untuk membantu di dalam mengakses informasi
  • Digunakan untuk memberikan akses informasi secara cepat dan terbaru alias up to date

Ada beberapa jenis jaringan komputer yang umum digunakan yang akan kami jelaskan di bawah ini:

LAN (Local Area Network)

Tipe jaringan komputer yang satu ini sering Anda jumpai di sekolah, kantor, warnet, maupun juga kampus. Fungsinya adalah untuk menghubungkan minimal dua komputer yang ada di dalam suatu ruangan atau jaraknya tidak terlalu jauh. Biasanya hanya terbatas beberapa meter atau maksimal mungkin satu kilometer saja.

MAN (Metropolitan Area Network)

Merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk memberikan jaringan dengan jangkauan yang luas dan juga memiliki kecepatan transfer data yang tinggi. Jarak yang bisa dicakup yaitu kurang lebih mencapai 50 KM atau mungkin lebih.

WAN (Wide Area Network)

Memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan MAN yang digunakan untuk menghubungkan antar negata atau bahkan antar benua. Pada dasarnya WAN berasal dari sekumpulan LAN yang digabungkan dengan menggunakan alat atau device tertentu.

Berikut penjelasan tentang komponen sistem informasi yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*