Yuk Ketahui Kegunaan Microsoft Access dan Fitur Apa Saja di Dalamnya

Apa itu Microsoft Access? Ms. Access merupakan salah satu bagian dar Ms. Office yang otomatis akan Anda dapatkan ketika Anda menginstall aplikasi Ms. Office.

Salah satu kegunaan Microsoft Access adalah untuk membuat maupun merancang sebuah data yang mempunyai kapasitas yang besar. Biasanya para pengguna aplikasi ini adalah mereka yang merupakan pekerja rumahan maupun juga perusahaan kecil sampai perusahaan menengah.

Semua pengguna Microsoft Access juga menggunakan mesin yang berbasis Microsoft Jet Database Engine dan juga sudah menggunakan sebuah tampilan intuitif untuk memudahkan para pengguna. Beberapa format data yang bisa dibuka dengan Microsoft Access adalah Microsoft Jet Database Engine, Microsoft Access, Microfoset SQL Server, Oracle Database, dan lain sebagainya.

Kegunaan Microsoft Access

Kegunaan Microsoft Access

Setiap program atau aplikasi yang ada di suatu perangkat tentu diciptakan dengan fungsi. Tidak mungkin pada program maupun aplikasi yang dibuat tanpa memberikan manfaat atau fungsi apapun.

Kegunaan utama dan yang palin umum dari Microsoft Access adalah untuk membuat sistem dan juga menjalankan proses manipulasi data. Selain itu, Microsoft Access diciptakan dengan harapan aplikasi ini mampu memberikan kontribusi terhadap pembuatan aplikasi dasar.

Berikut ini kami sudah memiliki beberapa informasi yang terkait dengan kegunaan lain dari Microsoft Access.

  • Digunakan untuk membuat sebuah program aplikasi yang berhubungan dengan jumlah peserta didik.
  • Digunakan untuk membantu di dalam membuat laporan keuangan.
  • Microsoft Access digunakan untuk membantu di dalam pembuatan sub form dan form.
  • Kegunaan yang lain dari Microsoft Access adalah untuk membuat sebuah program aplikasi yang isinya tentang informasi detail terkait gaji karyawan.
  • Microsoft Access merupakan aplikasi yang juga bisa digunakan untuk perpusatakan online, yakni untuk menyimpan segala jenis buku.
  • Aplikasi yang satu ini juga bisa dimanfaatkn untuk membuat sebuah aplikasi yang isinya tentang daftar hadir.
  • Microsoft Access juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan inventory atau ketersediaan barang.

Sebenarnya masih banyak fungsi lain yang dimiliki oleh Microsoft Access. Untuk lebih lengkapnya, mungkin Anda bisa langsung mencobanya dengan tangan Anda sendiri.

Manfaat Microsoft Access

Lalu apa sih yang merupakn manfaat Microsoft Access? Seperti penjelasan di awal bahwa Microsoft Access telah menyediakan beragam fungsi yang handal yang membantu meningkatkan kinerja seseorang ketika mendapatkan tanggung jawab untuk mengolah data seperti penjelasan yang telah disinggung sebelumya.

Dengan beragam fungsi yang dimiliki oleh Microsoft Access. Maka kita juga bisa memperoleh manfaat dimana pekerjaan yang seharusnya memakan banyak waktu, namun dapat dipersingkat.

Kelebihan Microsoft Access

Setelah kita menyinggung tentang pengertian, fungsi, dan juga manfaat Microsoft Access. Maka di bawah ini kami sudah memiliki informasi yang juga menarik mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan Microsoft Access.

1. Kelebihan Microsoft Access

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft Access antara lain:

  • Merupakan aplikasi yang bisa menghemat waktu.
  • Microsoft Access adalah aplikasi yang bisa dengan mudah di dalam melaksanakan suatu pekerjaan yang berat yang sepertinya akan menguras tenaga
  • Microsoft Access merupakan aplikasi yang lebih mudah digunakan dan tidak membingungkan, terutama bagi mereka yang masih awam atau pemula d dalam penggunaan Microsoft Access.

2. Kekurangan Microsoft Access

Sebenarnya untuk kekurangan yang dimiliki oleh Microsoft Access tidak terlalu memberikan signifikan yang besar. Namun salah satu hal yang menjadi kendala atau kekurangan ketika menggunakan Microsoft Access adalah para pengguna yang hendak menggunakan berbagai fitur menarik lainnya. Mereka dipaksa harus membayar dengan nominal tertentu.

Memang ada beberapa fitur yang masih bisa Anda gunakan dengan gratis. Namun ketika Anda ingin menggunakan fitur yang benar-benar dapat memberikan hasil yang maksimal. Maka gunakanlah fitur berbayar. Biasanya mereka yang memang butuh di dalam projek besar dan menghasilakn keuntungan besar tidak masalah menggunakan fitur berbayar.

Fitur-Fitur Microsoft Access

kegunaan Microsoft Access dan fiturnya

1. Table

Fitur pertama yang akan kami jelaskan adalah Table. Fungsi dari fitur ini adalah sebagai tempat untu menyimpan data yang berkaitan dengan aturan rasional database yang di dalamnya berupa baris dan juga kolom. Di dalam tabel, Anda akan menemukan sebuah ID yang berupa primary key dan juga terdapat Add New Field dimana Anda bisa melakukan penambahan terhadap field.

Selain itu, di sini juga memiliki type data yang di dalamnya berupa memo, text, date or time, autonumber, currency, dan lain sebagainya. Semua type data tersebut hadir dengan fungsinya masing-masing yang sudah pasti harus Anda kuasai jika Anda benar-benar ingin menjadi seorang pengguna Microsoft Access yang handal.

2. Query

Fitur kedua yang dimiliki oleh Microsoft Access adalah Query. Fitur ini hadir untuk Anda gunakan ketika ingin menghapus, menggabungkan, mengubah data, dan lain sebagainya. Manfaat dari adanya fitur ini antara lain:

  • Bisa digunakan untuk menampilkan isi table sesuai dengan yang kita inginkan.
  • Query merupakan fitur yang bisa Anda gunakan untuk melakukan penghitungan, seperti fungsi kalkulator.

3. Form

Form adalah fitur Microsoft Access yang dimanfaatkan untuk menampilkan data yang sebelumnya sudah Anda simpan pada database. Selain itu, fitur ini juga digunakan untuk memeriksa, membuat, maupun memperbarui data.

4. Report

Report atau laporan merupakan fitur yang disediakan untuk menampilkan maupun juga mencetak data yang sudah dibuat. Selain itu, fitur ini juga digunakan untuk merangkum dan juga mengolah data sehingga menjadi data yang siap dicetak.

5. Macro

Fitur macro digunakan untuk menyimpan seluruh perintah secara otomatis yang berkaitan dengan database yang sudah dibuat.

6. Module

Fitur Microsoft Access yang keenam adalah module yang merupakan tempat untuk melaksanakan pemograman terhadap beberapa aspek yang ada di Microsoft Access.

Itulah kegunaan Microsoft Access yang perlu kita ketahui, salah satunya untuk manajemen database dengan mudah dan terstruktur. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*